Blogger Widgets
CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

I post anything I want

Friday, November 2, 2012

[CO] Cloud Computing (Indonesia ver.)


Apa itu Cloud Computing?

Cloud Computing adalah virtual server yang menggunakan jaringan internet dan kontrol server pusat untuk menyimpan data dan berbagai aplikasi. Cloud computing dapat membuat semua orang mengakses data pribadi mereka di komputer pribadi manapun dengan akses internet. Ini merupakan teknologi yang efisien karena mereka membuat tempat penyimpanan data, proses, dan bandwith secara terpusat.

Sebagai contoh cloud computing seperti Yahoo email, Gmail, Hotmail, dan lain-lain. Anda dapat menggunakan akses internet untuk dapat mengirimkan berbagai email. Server dan manajemen email semuanya berada di cloud storage atau tempat penyimpanan virtual dan semuanya diatur oleh penyedia cloud storage seperti Yahoo, Google, dan lain-lain.

Cloud computing dapat dibagi menjadi 3 bagian: Aplikasi, penyimpanan, dan konektivitas (application, storage, and connectivity).
  1. Software as a Service (SaaS): ini bagaimana software dikirimkan kepada user terakhir.
    Ini adalah tipe cloud computing yang mengirimkan aplikasi secara menyeluruh melalui browser kepada banyak pengguna menggunakan multi arsitektur jaringan. Dilihat dari sisi kostumer atau pengguna, ini berarti tidak ada investasi server di muka atau lisensi software. Dilihat dari sisi provider atau penyedia, dengan satu aplikasi untuk di-maintain/ dipelihara, biaya yang dibutuhkan lebih redah jika dibandingkan dengan hosting secara umum. Seperti Google Apps dan Zoho Office. SaaS sangat efektif dalam mengurangi biaya yang dibutuhkan daripada biaya yang dibutuhkan untuk melisensi sebuah aplikasi secara bulanan. Dengan SaaS user tidak perlu khawatir tentang instalasi ataupun upgrade selanjutnya.

  2. Platform as Service (PaaS): bagian dari cloud computing ini mengacu pada produk yang digunakan penyebaran internet. Seperti Net Suite, Amazon, Google, dan Microsoft.
    PaaS menyediakan layanan untuk mengembangkan, menguji, menyebarkan, meng-host, dan memelihara aplikasi dalam lingkungan pengembangan yang sama. Anda dapat mengembangkan aplikasi buatan Anda sendiri yang dapat bekerja di infrastruktur penyedia dan akan dikirimkan kepada pengguna aplikasi Anda melalui Internet dari server penyedia. Ini juga disediakan beberapa suport untuk pembuatan aplikasi. PaaS ini menyediakan lebih efective dalam biaya aplikasi untuk pengembangan dan pengantaran. Penyedia PaaS mengelola upgrade, patch, dan pemeliharaan sistem secara berkala. PaaS didasari oleh cara subscription jadi user hanya membayar apa yang mereka gunakan.
    Ada 4 tipe dasar dari PaaS dan masing-masing contohnya:
    1. Social application platforms atau platform aplikasi sosial 
      Facebook adalah contoh tipe platform aplikasi sosial yang dimana pihak ketiga dapat menembuat aplikasi baru yang dapat digunakan oleh user lain.
    2. Raw compute platforms atau platform penghitungan mentah
      Pengembang dapat meng-upload dan menjalankan aplikasi milik mereka pada infrastuktur Amazon. 
    3. Web application platforms atau platform aplikasi web
      Google menyediakan banyak API untuk pengembang untuk mendirikan web aplikasi sendiri.
    4. Business application platform attau platform aplikasi bisnis
      Inilah alasan CRM disediakan bebarapa perusahaan.

  3. Infrastructure as a Service (IaaS): ini merupakan konsep penting dari keseluruhan. vendor seperti Google memperbolehkan user untuk mendirikan aplikasi milik mereka sendiri. Ini seperti cloud storage.
    Pengiriman dari infrastruktur computing sebagai sumber layanan penuh. Beberapa perusahaan yang menyediakan layanan infrastruktur seperti Google, IBM, Amazon.com, dan lain-lain. Mengelola hosting dan mengembangkan lingkungan adalah layanan yang termasuk dalam IaaS. User dapat membeli infrastrukur menurut syarat yang saat membeli infrastruktur walaupun itu tidak digunakan selama beberapa bulan. IaaS seperti "bayar yang Anda gunakan", bahwa user membayar untuk apa yang mereka gunakan. IaaS kadang-kadang dikenal sebagai Hardware as a Service (HaaS).



Bagaimana susunan Cloud Computing?

Cloud Computing dibagi menjadi dua bagian: bagian depan dan bagian belakang. Mereka terhubung satu sama lain melalui jaringan. Bagian depan adalah sisi user komputer atau pengguna komputer atau pelanggan. Sedangkan bagian belakang adalah "awan" atau "cloud" dari sistem.

Server pusat mengelola sistem, memonitoring lalu lintas jaringan dan permintaan pelanggan untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik. Itu mengalir sesuai dengan peraturan atau protocols dan menggunakan sejenis software spesial yang bernama middleware. Middleware memperbolehkan jaringan komputer untuk berkomunikasi satu sama lain. Sepanjang waktu, server tidak berjalan secara kapasitas penuh. Ini berarti ada power pemroses yang tidak digunakan secara percuma. Ini memungkinkan untuk menipu sebuah server secara fisik untuk menjadi beberapa server sebenarnya, setiap server secara sendirinya berjalan di masing-masing OS. Secara teknik ini disebut sebagai virtualisasi. Dengan memaksimalkan output dari individual server, virtualisasi server mengurangi jumlah yang dibutuhkan untuk mesin.

Jika perusahaan cloud computing mempunyai beberapa pelanggan, ini seperti ada permintaan banyak untuk tempat penyimpanan. Beberapa perusahaan membutuhkan ratusan dari tempat penyimpanan digital. Sistem cloud computing membutuhkan paling tidak dua kali dari jumlah tempat penyimpanan yang dibutuhkan untuk menjaga agar informasi pelanggan tetap tersimpan. Ini dikarenakan alat tempat penyimpanan tersebut, seperti semua komputer, dapat rusak. Sebuah sistem cloud computing harus membuat salinan dari semua informasi pelanggan dan menyimpannya dalam pada tempat penyimpanan lain. Salinan infomasi tersebut memungkinkan untuk server pusat untuk mengakses mesin cadangan untuk menerima data yang mungkin tidak dapat diakses. Membuat salinan data sebagai cadangan dinamakan redudancy atau sebagai kelebihan cloud computing.



Sumber:
http://www.cloudtweaks.com/2010/05/cloud-computing-demystifying-saas-paas-and-iaas/
http://www.infoworld.com/d/cloud-computing/what-cloud-computing-really-means-031?page=0,0
http://computer.howstuffworks.com/cloud-computing/cloud-computing1.htm
http://www.wikinvest.com/concept/Cloud_Computing
http://www.articlesbase.com/communication-articles/what-is-cloud-computing-and-segments-of-cloud-computing-3554835.html


Penulis:
Vania Wahyu (12.02.0054)
Fakultas Ilmu Komputer, Program Game Technology, Unika Soegijapranata.
Tugas Computer Organization untuk Semester 1.


For English version, click here.

No comments:

Post a Comment